News

Rabu, 25 November 2020 09:04 WIB

Pemerintah Jamin Kerahasiaan Data Vaksinasi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir (Foto: PMJ News/Instagram @erickthohir)

PMJ - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan pemerintah akan menggunakan satu data dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Menurut dia, dengan pemusatan data tersebut diharapkan tidak akan disalahgunakan perusahaan plat merah. Adapun perusahaan BUMN yang akan terlibat dalam vaksinasi adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk serta PT Bio Farma (Persero).

"Kami dari BUMN, Telkom, Bio Farma sebagai agregator saja untuk menjaga supaya data bisa terekam dengan baik, datanya baik, jadi bukan milik kita, ini milik pemerintah," tutur Erick Thohir dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).

Pada kesempatan yang sama, Erick memastikan pemerintah akan menjaga kerahasiaan data masyarakat. Hal ini bahkan sudah menjadi konsen pemerintah sejak awal dalam pendistribusian vaksin covid.

"Itu tidak bisa jadi domain publik atau milik sebuah perusahaan. Tentu ini kerahasiaannya kita jaga sejak awal karena itu kita membantu tapi datanya milik pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut Erick mengatakan, pemerintah sangat terbuka terhadap masukan dari pihak swasta atau pihak lain dalam proses vaksinasi. Dengan begitu, proses vaksinasi dapat berjalan dengan lancar.

"Kami sangat terbuka dengan masukan dan pertanyaan agar kita bisa perbaiki, saat vaksin datang, berjalan dengan baik," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT