test

Kesehatan

Senin, 23 November 2020 10:02 WIB

Riset: Vitamin D Efektif Lindungi Pasien dari Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Studi terbaru menyebut efektif melindungi dari Covid-19.(Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi).

PMJ - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi risiko kanker stadium lanjut. Bahkan bisa membantu pasien yang baru pulih dari Covid-19.

Para peneliti mengatakan, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D secara teratur memiliki kemungkinan 17 persen lebih kecil terkena kanker stadium akhir dan juga mengurangi risiko kematian. Penelitian itu dilakukan di Universitas Harvard.

Bukti yang berkembang pesat bahwa vitamin D efektif melindungi dari Covid-19. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh dokter dari PGIMER, ditemukan peran suplemen vitamin D telah ditetapkan dalam mencapai negativitas SARS-CoV-2 RNA di antara pasien Covid-19.

Vitamin D memiliki efek imunomodulator dan dapat mengurangi kerentanan dan keparahan infeksi virus. Penelitian bertajuk Short term, high-dose vitamin D supplementation for Covid-19 disease ini dilakukan oleh Dr Ashu Rastogi, Dr Anil Bhansali, Dr Niranjan Khare, Dr Vikas Suri, Dr Narayana Yaddanapudi, Dr Naresh Sachdeva, Dr GD Puri dan Dr Pankaj Malhotra.

Studi ini melibatkan 40 pasien Covid-positif tidak bergejala atau gejala ringan yang kekurangan vitamin D. Pasien yang membutuhkan ventilasi invasif atau dengan komorbiditas yang signifikan tidak termasuk dalam penelitian.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa suplemen vitamin D dosis tinggi membantu mencapai negatif RNA SARS-CoV-2 pada sebagian besar peserta.

“Negatifitas SARS-CoV-2 RNA oleh suplementasi cholecalciferol (vitamin D) dapat membantu mengurangi tingkat penularan infeksi SARS-CoV-2 yang sangat menular," demikian kesimpulan penelitian seperti dilansir laman Times Now News, Senin (23/11/2020).(Hdi)

BERITA TERKAIT