test

Kesehatan

Senin, 29 Juni 2020 17:05 WIB

Pemerintah Siap Atasi Covid-19 di 57 Kabupaten/ Kota dengan Resiko Tinggi

Editor: Ferro Maulana

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo . (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menerangkan bahwa Presiden Joko Widodo minta untuk memberikan dukungan terhadap 57 kabupaten/kota yang masih memiliki tingkat risiko tinggi.

”Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Gugus Tugas telah melakukan zonaisasi (zonasi) terhadap daerah-daerah,” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pernyataannya di Rapat Terbatas Istana Kepresidenan, Provinsi DKI Jakarta, Senin (29/06/2020).

“Ada yang risiko tinggi, risiko sedang, risiko rendah dan juga ada daerah yang tidak terdampak serta daerah yang tidak terdapat kasus selama 1 bulan terakhir,” ujarnya menambahkan.

Doni melanjutkan, itu artinya, tidak ada kasus baru selama satu bulan. Kemudian tidak ada angka kematian selama satu bulan, dan yang sakit yang menderita Covid itu telah sembuh 100 persen. Menurutnya, untuk zona hijau terdapat dua kriteria, yaitu tidak terdampak dan tidak terdapat kasus selama satu bulan terakhir.

Dari penekanan Presiden, Doni menegaskan bahwa ke depan Gugus Tugas bersama dengan Gugus Tugas di tingkat provinsi memprioritaskan terhadap 57 kabupaten dengan tingkat risiko yang masih tinggi.

”Adapun penekanan Bapak Presiden di sini adalah pelibatan seluruh komponen terutama unsur TNI-Polri dalam upaya mitigasi, dalam upaya mengurangi risiko. Termasuk dibantu oleh sejumlah tokoh yang ada di daerah, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan,” pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT