test

Kesehatan

Kamis, 13 Agustus 2020 17:20 WIB

Ingat, Masker Kain Hanya Boleh Digunakan Selama Empat Jam

Editor: Etty Kadriwaty

Penggunaan masker dengan benar bisa menghindarkan penularan virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ- Penggunaan masker yang tidak tepat mengakibatkan pencegahan penularan virus corona (Covid-19) tidak efektif dilakukan. Pihak Kementerian Kesehatan mengingatkan masker kain hanya boleh digunakan paling lama selama empat jam.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan, masker kain hanya boleh digunakan paling lama selama empat jam. Waktu tersebut bisa berkurang apabila pemakai berada dalam kondisi tertentu.

"Waktu pemakaian masker kain maksimal hanya empat jam. Lalu ganti. Atau bisa kurang dari empat jam saat di tengah pemakaian ternyata individu bersin atau batuk yang menyebabkan maskernya basah maka harus diganti," ujar Riski dalam talkshow daring yang ditayangkan di YouTube BNPB, Kamis (13/8/2020).

Pemakaian masker secara benar. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

Sebelumnya, Riski mengatakan ada lima langkah memakai masker yang sehat dan aman. Antara lain:

  • Saat akan memakai masker, sebaiknya memegang bagian ujung tepi masker. Pegang bagian tepi, lalu ujung masker yang bagian depan bawah ditarik ke bawah untuk menutupi mulut hingga dagu. Bagian ujung atas depan dipastikan juga sudah menutupi hidung," lanjut dia.
  • Apabila ingin makan atau minum, sebaiknya masker dilepas. Hindari menaik-turunkan masker pada saat makan dan minum. Kebiasaan itu justru tidak sehat karena bisa menyebabkan bagian dalam masker tersentuh bagian tubuh yang tidak terlindungi.
  • Saat masker ingin dipakai lagi, maka lakukan seperti langkah-langkah di atas.
  • Setelah selesai dipakai, masker sebaiknya langsung dibuang untuk masker medis. Untuk masker kain diminta langsung dicuci kembali menggunakan air hangat dan sabun.
  • Keringkan masker kain di bawah sinar matahari. Setelah itu disetrika. Untuk masker bedah, sebaiknya setelah dipakai langsung digunting karet pengaitnya. Selain agar bersih, masker tidak akan berpotensi digunakan kembali.(Ety-02)

BERITA TERKAIT