test

News

Sabtu, 19 Oktober 2019 18:18 WIB

Presiden UE Setujui Keluarnya Inggris dari Brexit

Editor: Redaksi

Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker dan PM Inggris Boris Johnson. (Foto: Dok Net).

PMJ – Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Jean-Claude Juncker dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah menyetujui kesepakatan baru untuk keluarnya Inggris dari UE (Brexit) di Brussels, Belgia, Kamis (17/10/2019) waktu setempat.

"Setelah semuanya, saya senang, lega bahwa kami mencapai kesepakatan. Tapi aku sedih karena Brexit sedang terjadi.” kata Juncker yang juga “sedih” karena Inggris meninggalkan Eropa.

Rincian perjanjian baru yang ada tersebut namun hingga kini belum diketahui, namun presiden Dewan UE Donald Tusk mengatakan akan terus membuka pintu apabila Inggris ingin kembali.

“Karena dalam hatiku, aku akan selalu menjadi orang yang (mendukung Inggris) tetap. Dan saya berharap jika teman-teman Inggris kita memutuskan untuk kembali suatu hari, pintu kita akan selalu terbuka." Kata Tusk.

Namun saat ini, perjanjian internasional tersebut juga belum disetujui oleh anggota parlemen Inggris, dimana antara Perdana Menteri dan parlemen telah dilaporkan ada ketegangan setelah Johnson tangguhkan badan parlemen tersebut pada akhir Agustus lalu.

Untuk melanjutkan proses Brexit, Johnson kini perlu meyakinkan ke para anggota parlemennya yang juga diisi oleh oposisi anti-Brexit untuk menyetujui kesepakatan yang baru tersebut. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT