test

News

Selasa, 22 Oktober 2019 10:02 WIB

NASA Telah Selesaikan Ekspedisi 61 Perjalanan Luar Angkasa Bersama Kru Wanita

Editor: Redaksi

Ekspedisi 61 perjalanan luar angkasa NASA dengan kru perempuan. (Foto: Dok Net).

PMJ – NASA telah menyelesaikan Ekspedisi 61 perjalanan luar angkasa pertama dengan kru semua perempuan stasiun luar angkasa internasional (ISS), Jumat (18/10/2019) waktu setempat.

Christina Koch dan Jessica Meir telah berhasil menyelesaikan perjalanan luar angkasa tersebut selama 7 jam 17 menit dengan penggantian komponen pengisian daya yang gagal atau Battery Unit Charge-Discharge (BCDU).

Untuk diketahui, BCDU merupakan alat yang mengatur muatan ke baterai dan mengumpukan serta mendistribusikan tenaga surya ke sistem laboratorium di ISS.

Ekspedisi 61 perjalanan luar angkasa NASA dengan kru perempuan. (Foto: Dok Net).

Mereka juga menyelesaikan beberapa tugas seperti pemasangan tiang penopang pada modul Colombus yang mendukung muatan eksternal European Space Agency (ESA).

Perjalanan luar angkasa tersebut juga yang pertama untuk Meir dan keempat untuk Koch yang sudah menghabiskan waktu 27 jam dan 48 menit di “spacewalking”.

Sebelumnya, Koch tiba di ISS pada Maret 2019 dan akan tetap berada di ruang angkasa untuk misi berdurasi 11 bulan yang diperpanjang untuk memberikan para peneliti kesempatan untuk mengamati efek-efek penerbangan luar angkasa jangka panjang pada seorang wanita untuk mempersiapkan misi manusia ke Bulan dan Mars. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT