test

News

Rabu, 18 Desember 2019 16:15 WIB

Tembak Dua Personil TNI, Polisi: Satgas Tindak Nemangkawi Buru KKSB ke Hutan

Editor: Ferro Maulana

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono saat berikan keterangan (Foto: PMJ/Fjr)

PMJ - Satgas Penegakan Hukum (Gakum) TNI bersama Polri terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam peristiwa tersebut, dua anggota TNI dilaporkan gugur.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono membenarkan bahwa telah terjadi kontak senjata antara TNI-Polri dengan kelompok sparatis di Papua. Dua anggota yang gugur adalah Lettu Erizal Zuhri dan Serda Rizky.

"(Benar) telah terjadi kontak senjata antara pasukan Satgas Tindak Nemangkawi TNI-Polri dengan KKSB (Papua). (Terjadi sekitar) pukul 15.30 WIT, dilaporkan 2 personel Nanggala 15 mengalami luka tembak," ungkap Argo, Rabu (18/12/2019).

Brigjen Argo menjelaskan, peristiwa kontak tembak berawal saat aparat mendapat informasi dari warga Sugapa bahwa mereka yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal kerap menerima gangguan keamanan dari anggota KKSB.

Gangguan tersebut, lanjut dia, berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan, dan perampasan serta penjarahan harta benda. Diduga mereka sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada bulan Oktober 2019.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, Satgas Gakkum TNI-Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB," tuturnya.

Pasca kontak tembak, Satgas Gakum TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap kelompok kriminal bersenjata yang melarikan diri ke dalam hutan.

"Satgas Tindak Nemangkawi TNI-Polri terus mengejar KKSB Papua hingga masuk hutan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT