test

News

Sabtu, 21 Desember 2019 17:28 WIB

Puluhan Ribu Kendaraan Telah Tinggalkan Jakarta Melalui Tol Cikampek

Editor: Ferro Maulana

Situasi kemacetan di pintu gerbang tol Cikampek Utama (Foto: Dok Net/Ilustrasi)

PMJ - Puluhan ribu kendaraan dilaporkan sudah meninggalkan Jakarta melalui tol Cikampek. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak kurang lebih 50 ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada H-5 perayaan Natal 2019.

"Jumlah ini meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 33 ribu kendaraan dan meningkat sebesar 63 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018," demikian kata Faiza Riani yang merupakan Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam keterangan tertulisnya.

Faiza kembali menuturkan, jumlah kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama masih sebesar 22 persen dari total volume lalu lintas yang diprediksi.

"Masih terdapat sebesar 78 persen atau sebanyak 182 ribu kendaraan yang diprediksi akan melintasi GT Cikampek Utama hingga 24 Desember 2019," sambungnya.

Jumlah ini bakal terus diantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas bersama dengan pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan Darat demi kenyamanan perjalanan pengguna jalan selama melintasi jalan tol Trans Jawa.

Salah satu langkah untuk mengurai kemacetan yaitu dengan menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow. Pemberlakuan contraflow menjadi diskresi Kepolisian.

Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu. (JM/ FER).

BERITA TERKAIT