test

News

Jumat, 10 Januari 2020 17:02 WIB

Antisipasi Banjir Susulan, Polda Metro Bentuk Tim Satgas Untuk Lindungi Warga

Editor: Fitriawan Ginting

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat berikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fjr)

PMJ- Polda Metro Jaya berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) terpadu untuk membantu masyarakat sekaligus mengantisipasi banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta. Rencananya anggota Satgas itu akan diisi oleh personel dari TNI-Polri dan berbagai instansi terkait.

"Dalam hal ini kita sudah menginisiasi, kami ada rencana pembentukan satgas terpadu terdiri dari BPBD, Polri, TNI dan instansi terkait," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan di Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (10/1/2019).

"Kita memang dari awal sudah menyiapkan untuk membentuk tim memberikan pertolongan ataupun evakuasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," lanjutnya.

Anggota Ditpolairud membantu masyarakat yang terjebak banjir di Jakarta. (Foto: PMJ News).

Irjen Nana juga menyebut pihaknya akan memberikan keamanan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir. Dalam satgas yang direncanakan itu, pihaknya akan fokus melakukan patroli-patroli di lokasi banjir untuk memastikan rumah-rumah warga yang terkena dampak banjir tetap aman.

"Kami akan melakukan patroli yang selama ini banyak masyarakat mengungsi dari kediamannya. Sampai ke tingkat bawah sudah disampaikan ke Polsek untuk mengamankan, patroli rumah-rumah yang ditinggal masyarakat," jelas Nana.

Posko kesehatan juga akan dibuat oleh tim satgas tersebut. Tim itu juga akan disiapkan untuk mengantisipasi jika cuaca ekstrim hingga menyebabkan banjir di Jakarta.

"Kami akan (membuat) semacam pos untuk kesehatan, bisa dikatakan rumah sakit lah ataupun nanti dari kesehatan," kata Nana.

"Jadi rencana kami akan membuat posko kesehatan ini akan kita lakukan di beberapa lokasi yang terkena banjir," tutupnya. (Fjr/Gtg-03).

BERITA TERKAIT