test

News

Jumat, 17 Januari 2020 15:12 WIB

Aktivitas Kelompok Sunda Empire Bikin Resah, Pemkot Bandung Tengah Telusuri Jejaknya

Editor: Ferro Maulana

Kelompok Sunda Empire. (Foto: Dok Net)

PMJ - Kelompok Sunda Empire bikin resah publik khususnya warga Bandung. Berbagai aktivitas mereka di Bandung terekam video. Unggahan video itu masih tersebar di YouTube.

Akun YouTube Sunda Empire mengunggah aktivitas kelompok itu. Dalam unggahannya, terlihat mereka yang berpakaian seragam hitam, berjalan di Lapangan Gasibu Bandung. Unggahan tersebut diberi judul 'Aniversary WDB (World Development Bank)’.

Massa Sunda Empire itu juga terlihat berkumpul dan berfoto di depan gedung Sate (atau tepatnya di area Lapangan Gasibu). Terlihat kelompok itu ditaksir mencapai puluhan orang. Dua video itu diunggah sang pemilik akun pada 13 Juni 2018 lalu.

Selanjutnya, kelompok itu juga beraktivitas di halaman gedung Isola Bandung. Gedung itu berada di komplek Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Di halaman gedung Isola itu, mereka terlihat melakukan aktivitas seperti upacara. Sejumlah orang dari kelompok Sunda Empire juga hadir di lokasi tersebut.

Pemkot Bandung melalui Kesbangpol Kota Bandung, pun tengah menelusuri jejak Kelompok Sunda Empire. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Bandung Soni Bakhtiar menyebutkan aktivitas Sunda Empire dalam video yang viral itu berlangsung pada tahun 2018.

Ia mengungkapkan, video diunggah kembali lantaran tengah heboh Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. "Jadi ini latah dari kejadian yang di Purworejo itu. Ini kejadian 2018, di-up lagi," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT