test

News

Senin, 27 Januari 2020 07:01 WIB

Waspada! Aplikasi Kamera di Android Miliki Kemampuan Copy dan Jual Datamu

Editor: Ferro Maulana

Aplikasi di Playstore. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ - Pengguna Android telah diperingatkan terhadap 30 aplikasi Google Play Store yang  diklaim tak memiliki izin, yang mencurigakan, mengandung malware, dan masih banyak lagi.

Play Store Android merupakan rumah bagi lebih dari dua juta aplikasi, yang jumlahnya semakin bertambah yang mana aplikasi dirancang untuk mempercantik penampilan handphonemu. Namun tampaknya aplikasi ini mungkin tidak seaman yang kamu banyangkan.

Tim peneliti CyberNews baru-baru ini mengklaim beberapa aplikasi kamera kecantikan memiliki kemampuan untuk me-copy dan menjual data kamu, mengganggu kamu dengan iklan nonstop, berbahaya, mengarahkan kamu ke situs-situs “ pishing” ( mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu) , atau bahkan memata-matai aktivitas kamu.

Salah satunya disebut Beautyplus- Easy Photo Editor & Selfie Camera sebuah aplikasi yang telah di unduh sekitar 300.000.000 kali. Dibuat oleh tim Meitu ( Aplikasi asal Tiongkok) yang pernah diidentifikasi sebagai malware atau spyware oleh pemerintah India.

Dari 30 aplikasi yang ditelusuri, masing-masing tercatat memiliki izin berbahaya yang banyak diantaranya dianggap oleh Cybernews sebagai tindakan yang tidak perlu untuk menggunakan aplikasi kamera kecantikan. Misalnya, merekam audio menggunakan GPS dan dapat melihat data pengguna ponsel.

Selain itu, bahkan ada aplikasi berbahaya yang bernama Beauty Camera yang dikembangkan oleh Phila App Store tercatat sebagai satu-satunya aplikasi yang tidak perlu meminta izin untuk menggunakannya. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT