test

News

Selasa, 29 September 2020 13:20 WIB

Segera Dihapus! Belasan Aplikasi Android Ini Mengandung Software Jahat

Editor: Ferro Maulana

Aplikasi yang mengandung software jahat seperti malware joker. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Tim ilmuwan menginformasikan 17 aplikasi Android di Google Play mengandung software jahat (malware) yang mempunyai kemampuan mencuri pesan SMS bahkan daftar kontak dari handphone korban.

Perusahaan keamanan jaringan Zscaler, pada Selasa (29/9/2020) melaporkan Spyware ini memang dirancang khusus untuk mencuri pesan SMS, daftar kontak, sekaligus informasi perangkat serta secara diam-diam mendaftarkan korban ke layanan protokol aplikasi nirkabel premium (WAP).

Zscaler menyebutkan pihaknya telah memantau dan mengamati malware bernama Joker tersebut. Menurut Zscaler, Joker berhasil lolos dari pemeriksaan Google di toko aplikasi dengan menerapkan perubahan dalam kode, metode eksekusi, atau teknik pengambilan muatannya.

Tim keamanan Google baru saja mengambil tindakan pasca Zscaler memberitahunya. Tetapi, dikhawatirkan masih banyak pengguna Android yang masih memasang dan menggunakan aplikasi terinfeksi Joker di telepon selulernya.

Zscaler mengidentifikasi ada 17 aplikasi terinfeksi Joker yang diunggah secara rutin ke Google Play pada September 2020. Terdapat total sekitar 120 ribu unduhan untuk aplikasi berbahaya yang teridentifikasi.

Adapun 17 aplikasi yang memuat malware Joker berdasarkan penelitian Zscaler seperti, All Good PDF Scanner, Mint Leaf Message-Your Private Message, Unique Keyboard - Fancy Fonts & Free Emoticons, dan Tangram App Lock.

Kemudian, Direct Messenger, Private SMS, One Sentence Translator - Multifunctional Translato, Style Photo Collage, Meticulous Scanner, Desire Translate, dan Talent Photo Editor - Blur focus.

Berikutnya, Care Message, Part Message, Paper Doc Scanner, Blue Scanner, Hummingbird PDF Converter - Photo to PDF, dan All Good PDF Scanner.(Fer)

BERITA TERKAIT