test

News

Senin, 3 Februari 2020 16:42 WIB

Gubernur Jatim Beberkan Tiga Cita-cita Gus Sholah

Editor: Ferro Maulana

Gubernur Jawa Timur khofifah Indar Parawansa. (foto: IG @khofifah.ip)

PMJ - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menenang kebersamaannya dengan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Ia menyebut ada tiga cita-cita almarhum yang disampaikan kepadanya.

Menurut Khofifah, Gus Sholah menginginkan agar pendidikan yang dijalankan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang terus berkembang. Kedua, rumah sakit yang dibangun Tebuireng bersama Dompet Dhuafa bisa berkembang dan modern.

"Ketiga, beliau juga bercita-cita bisa dilanjutkannya bank syariah dari Ponpes Tebuireng," ujar Khofifah saat memberikan sambutan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin (3/2/2020).

Selain itu, kata Khofifah, pesan yang juga sering disampaikan Gus Sholah adalah tentang persatuan. Ia menceritakan KH Salahuddin Wahid selalu mengingatkan pertumbuhan ekonomi menjadi percuma, apabila masih ada perpecahan antar masyarakat.

"Maka persatuan, persatuan, persatuan itu juga berapa kali yang diingatkan ke saya setelah menjabat sebagai gubernur," tandasnya.

Khofifah mengatakan, wujud persatuan dalam keberagaman telah diterapkan Gus Sholah di Ponpes Tebuireng Jombang. Beliau sering kali membuka ruang untuk bersilaturahim baik itu ulama maupun pendeta dari berbagai negara untuk mengenal sebuah pesantren.

"Supaya mereka bisa mendapatkan dan menemukan bahwa pesantren-pesantren di Indonesia, terutama NU mengajarkan Islam yang penuh damai, Islam yang penuh kasih. Para Romo dan pendeta dari berbagai negara bisa tinggal sampai 7 hari," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT