test

News

Senin, 3 Februari 2020 13:11 WIB

Lihat dari Dekat Persiapan Pemakaman Alm Gus Sholah

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi bertakziah ke rumah duka. (Foto: Dok Net/ Instagram Jokowi).

PMJ - Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, sudah mempersiapkan pemakaman jenazah KH Salahudin Wahid (atau akrab disapa Gus Sholah), Senin (03/02/2020).

Puluhan karangan berjejer di kawasan Ponpes Tebu Ireng. (Foto: Dok Net/ Instagram Tebu Ireng)

Pemakaman pengasuh Ponpes Tebu Ireng itu bakal dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB di areal pemakaman keluarga yang ada di bagian belakang pesantren. Sebelum pemakaman itu juga akan digelar salat jenazah di Masjid kawasan pondok.

Santri Ponpes Tebu Ireng menunggu kedatangan jenazah Gus Sholah. (Foto: Instagram Tebu Ireng.

Kepala Pondok Putra Pesantren Tebu Ireng Ustad Iskandar, menerangkan, secara teknis nantinya para pentakziah akan dibagi menjadi 3 ring. Ring pertama atau kawasan makam diperuntukkan untuk para keluarga atau dzuriyah.

Para santri mendoakan Almarhum Gus Sholah. (Foto: Instagram Tebu Ireng)

Sedangkan, ring ke dua untuk tamu yang hadir, sedangkan ring ke tiga untuk para santri. "Pengamanan nantinya akan ada di masing-masing ring tersebut," ungkap Iskandar, saat ditemui di lokasi Ponpes, Senin (03/02/2020).

Gubernur Jawa Timur menyambut kedatangan jenazah Gus Sholah di bandara. (Foto; Instagram Tebu Ireng.

Dalam prosesi pemakaman itu, Iskandar menambahkan, juga akan ada sambutan dari beberapa pihak. Sementara pantauan lokasi, hingga pukul 12.20 WIB, lokasi pesantren dipenuhi oleh tamu mau pun santri.

Jenazah Alm Gus Sholah digotong oleh santri serta masyarakat untuk di-shalatkan. (Foto: Instagram)

Mereka rata-rata berdiri sambil menghadap gerbang masuk Pesantren, untuk menyambut kedatangan jenazah Gus Sholah. Sebelumnya memang diperkirakan jenazah akan tiba di rumah duka dari Jakarta melalui Bandara Juanda, Surabaya, sekitar pukul 12.00 WIB. (FER).

BERITA TERKAIT