test

News

Selasa, 3 Maret 2020 14:55 WIB

Terpapar Corona, Dewan Penasehat Iran Meninggal

Editor: Hadi Ismanto

Puluhan ribu orang di seluruh dunia terjangkit virus corona. (Foto: PMJ News)

PMJ - Seorang anggota dewan penasehat pemimpin tertinggi Iran, Mohammad Mirmohammadi meninggal dunia setelah terjangkit virus corona baru, Senin (2/3/2020). Ini menjadi kasus pertama dikalangan pejabat tinggi negara tersebut.

Seperti dilansir laman The Associated Press (AP) yang mengutip radio pemerintah Iran, Mirmohammadi (71) meninggal di Rumah Sakit Teheran. Ia sendiri pernah menjadi Dewan penasehat Ayatollah Ali Khamenei sejak 2017.

Kematiannya terjadi setelah Iran menolak bantuan dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo pada hari Senin (2/3), yang mengumumkan pekan lalu bahwa Amerika Serikat (AS) khawatir Iran mungkin telah menutupi perincian tentang penyebaran virus.

"Kami tidak mengandalkan bantuan seperti itu dan kami juga tidak siap untuk menerima bantuan verbal," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi.

Iran memang memiliki tingkat kematian tertinggi akibat virus corona setelah China. Negara ini telah melaporkan 978 kasus dikonfirmasi virus baru dengan 54 kematian.

Mereka yang sakit termasuk di antaranya Wakil Presiden Masoumeh Ebtekar, yang lebih dikenal sebagai 'Suster Mary', Iraj Harirchi, kepala satuan tugas pemerintah Iran pada virus corona yang mencoba mengecilkan virus sebelum akhirnya jatuh sakit.(Iza/Hdi)

BERITA TERKAIT