test

News

Kamis, 5 Maret 2020 12:06 WIB

Mendagri Tito Karnavian Minta Seluruh Kepala Daerah Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Editor: Fitriawan Ginting

Mendagri Tito Karnavian dalam sebuah kesempatan. (Dok/IG Kemendagri)

PMJ- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepada seluruh kepala daerah, gubernur, walikota dan bupati untuk bergerak melakukan antisipasi penyebaran virus corona di wilayah masing-masing. Hal ini tertuang dalam radiogram Mendagri nomor 443.1/21.30/SJ, tertanggal 4 Maret 2020, yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah.

"Meningkatkan pencegahan dan kontrol infeksi serta pencegahan penyebaran lanjutan kepada petugas kesehatan, pengunjung dan pasien lainnya. Guna mengurangi transmisi, pemda harus menyusun strategi khusus agar pencegahan virus tidak menimbulkan dampak destruktif kepada aspek lainnya seperti sosial dan ekonomi," tulis Tito dalam radiogramnya, seperti yang diterima awak media, Kamis (5/3/2020).

Dia juga menyebut kampanye terkait kesehatan harus digalakan, selain itu ia juga meminta terkait informasi penanganan virus corona harus tersampaikan ke masyarakat.

"Kampanye kesehatan harus digalakkan, utamanya sosialisasi pencegahan virus corona sehingga masyarakat mendapat informasi yang cukup terkait penanganan virus corona secara transparan, responsif dan konsisten, termasuk tentang pola hidup sehat, olahraga, makan makanan bergizi, cuci tangan, dan lainnya," sambugnya.

Tito juga mengatakan, agar semua pihak tenang dan tidak panik apalagi sampai melakukanaksi berlebihan dnegan menimbun masker di rumah dan menimbun kebutuhan pokok.

"Dalam pelaksanaan agar mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak memberikan reaksi berlebihan serta membatasi publikasi yang tidak perlu dan dapat menimbulkan kepanikan masyarakat," tegas Tito.

"Untuk mencegah kesimpangsiuran pemberitaan, informasi terkait virus corona dilakukan satu pintu melalui pusat informasi virus corona pada Kemenkes RI," lanjutnya. (Fjr/Gtg-03).

BERITA TERKAIT