test

News

Rabu, 18 Maret 2020 10:14 WIB

Bersihkan Ponsel Setiap 90 Menit Bisa Terhindar dari Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Puasa gadget. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Penyebaran virus corona telah menjangkau hampir ke seluruh dunia. Virus COVID-19 ini, hingga kini belum ada vaksin penawarnya. Namun kita dapat mencegah dengan menjaga kebersihan, salah satunya mencuci tangan.

Tak hanya kebersihan diri, alangkah baiknya jika kamu juga kebersihan benda-benda yang sering digunakan. Terlebih lagi, benda-benda yang sering dipegang oleh tangan setiap hari setiap waktu, semisal ponsel.

Seperti dilansir laman Gulfnews, Rabu (18/3/2020), Dokter Ravi Shekhar Jha yang menjabat Kepala Department Rumah Sakit Fortis Escorts, India menyebut membersihkan ponsel setiap 90 menit sekali dapat membantu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Menurut dia, metode terbaik untuk membersihkan ponsel ini adalah dengan menggunakan cairan disinfektan yang biasa dipakai dokter atau bisa juga menggunakan hand-sanitizer berbasis alkohol.

"Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung. Opsi terbaik adalah menggunakan cover ponsel atau gadget dengan Bluetooth dan sebisa mungkin meminimalisasi menyentuh ponsel," Jelas dokter Ravi.

"Kami juga merekomendasikan untuk membersihkan ponsel Anda setidaknya dua kali dalam satu hari," sambungnya.

Penyataan dokter Ravi ini tentu sangat logis, mengingat dalam penelitian yang dipublikasikan pada 2018 lalu oleh Insurance2Go mengungkap bahwa layar smartphone memiliki tiga kali lebih banyak kuman ketimbang alas duduk toilet.

Pun demikian dengan hasil penelitian University of Surrey, Inggris. Disebutkan bahwa tombol 'home' di ponsel kemungkinan bisa jadi wadah atau media tempat berkembangnya jutaan bakteri, yang sebagian bahkan berbahaya.(Hdi)

BERITA TERKAIT