test

News

Senin, 23 Maret 2020 14:03 WIB

Pesawat Hercules Pengangkut Alkes Tiba di Halim Perdanakusuma

Editor: Hadi Ismanto

Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut Alkes dari Shanghai, China tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Foto: PMJ News)

PMJ - Pesawat TNI C-130 Hercules tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3). Armana TNI Angkatan Udara ini telah menjalankan tugas menjemput alat kesehatan pesanan pemerintah dari Shanghai, China.

Saat turun dari pesawat, para prajurit TNI nampak menggunakan masker. Mereka disemprotkan cairan disinfektan oleh petugas. Langkah ini merupakan protokol kesehatan yang diterapkan.

"Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan dari WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan," ujar Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Sus Muhammad Yuris melalui siaran persnya, Senin (23/3/2020).

"(Prosedur ini dilakukan) agar terhindar dari potensi terbawanya virus COVID-19 dari Tiongkok, termasuk melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya," sambungnya.

Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut Alkes dari Shanghai, China tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Foto: PMJ News)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan pesawat angkut berat hercules C130 ke Shanghai, China untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 tersebut telah diberangkatkan dari Skadron Udara 32 Wing Udara II Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, Sabtu (21/3/2020).

“Lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh sekitar pukul 06.55 WIB dan akan menempuh rute penerbangan Malang-Natuna-Hainan-Shanghai,” jelas Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, Sabtu lalu.(Hdi)

BERITA TERKAIT