test

Kesehatan

Selasa, 12 Mei 2020 10:02 WIB

Rajin Sikat Gigi Bantu Hindari Tertular Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Menyikat gigi ternyata bisa membantu terhindar dari penularan Covid-19 (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

PMJ - Kebiasaan menyikat gigi selama dua menit sebelum ke luar rumah ternyata dapat membantu seseorang terhindar dari COVID-19. Hal tersebut disampaikan seorang dokter gigi dari Universitas Bristol, Prof Martin Addy.

Pernyataan ini cukup beralasan, pasalnya pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan hand sanitizer dan dapat bertindak sebagai pencegah kuman dan bakteri selama tiga hingga lima jam setelah digunakan.

"Kita semua telah diberitahu tentang pentingnya cuci tangan untuk menghentikan virus ketika menyentuh wajah. Sangat mengejutkan bahwa tidak ada yang menekankan pentingnya menjaga kebersihan mulut," ungkap Addy, seperti dilansir The Sun, Senin (11/5/2020).

Selain itu, Prof Martin Addy juga menyarankan masyarakat untuk menyikat gigi sebelum pergi berbelanja atau berolahraga.

Sementara para penghuni panti jompo disarankan untuk membersihkan gigi secara lebih teratur untuk memperoleh banyak manfaatnya. Para staf National Health Service (NHS) juga harus menyikat gigi sebelum mengenakan alat pelindung (APD).

"Para ilmuwan yang percaya harus mengenakan masker wajah telah menekankan bagaimana Covid-19 disebarkan oleh tetesan air liur (droplet)," jelasnya.

"Kami juga disuruh mencuci tangan agar tidak terinfeksi saat menyentuh wajah. Tetapi sikat gigi akan memberikan perlindungan penting lainnya," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT