test

Kesehatan

Sabtu, 11 April 2020 11:19 WIB

Penggunaan Masker Kain Efektif Hindari Penularan COVID-19

Editor: Hadi Ismanto

Disiplin Protokol kesehatan dengan baik bisa mencegah COVID-19. (Foto: PMJ/Ilustrasi Fif).

PMJ - Pakar menyepakati ada tiga cara untuk menghindari penurlaran virus COVID-19. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pembatasan interaksi sosial dan fisik, serta menggunakan masker kain saat berada di luar rumah.

"Ketika aturan social dan physical distancing sukar diterapkan, penggunaan masker kain untuk umum dinilai cukup efektif turunkan risiko penularan COVID-19," ungkap Humas Keluarga Penyangga Indonesia, dr M Hud Suhargono dalam siaran persnya, Sabtu (11/4/2020).

Pada awal April 2020, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah merekomendasikan penggunaan masker kain buatan rumah sebagai alternatif penggunaan masker medis bagi masyarakat umum.

Sementara masker medis, baik berupa masker bedah atau masker N95, yang jumlahnya terbatas saat ini sebaiknya dipakai hanya oleh dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas untuk merawat pasien.

"Masker sebaiknya digunakan oleh semua orang, bukan hanya orang yang sedang sakit batuk pilek dan panas," tandasnya.

Menurut Hud, salah satu keuntungan pemakaian masker kain adalah bisa dicuci dengan deterjen biasa sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam merawat dan menggunakannya.

Dalam penelitian yang dilakukan di Cambridge pada tahun 2013, bahan kain yang digunakan untuk masker non medis ini ternyata cukup efektif menahan penularan virus.

"Ukuran virus Covid-19 sebesar 0,12-0,18 mikron, sementara dari hasil penelitian terhadap partikel yang berukuran 0,02 mikron, masker bedah mempunyai efektivitas 97 persen," jelasnya.

Sementara itu, bahan kain sejenis lap yang digunakan sebagai masker, mempunyai efektivitas hingga 83 persen bila digunakan satu lapis. Andaikan digunakan dua lapis, maka efektivitasnya hampir sama dengan masker bedah, yaitu 93 persen.

"Masker yang terbuat dari bahan kain katun bila digunakan satu lapis memiliki efektivitas hingga 69 persen. Ketika digunakan dua lapis maka efektivitasnya menjadi 71 persen," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT