test

Kesehatan

Minggu, 19 April 2020 16:43 WIB

Orang yang Sembuh Terus Bertambah, Ini Data Pasien Corona di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Data pasien corona di Indonesia. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF)

PMJ - Pasien positif yang terinfeksi pandemi wabah virus corona (atau covid-19) di Indonesia hari ini Minggu (19/04/2020), kembali bertambah. Kasus pasien positif bertambah 327 menjadi 6.575 orang.

"Kasus konfirmasi positif covid-19 pada hari ini 6.575," demikian kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam pernyataan persnya di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (19/04/2020).

Lanjut Achmad Yurianto, pasien sembuh bertambah 55 menjadi 686 orang. Berikutnya, pasien meninggal bertambah 47 menjadi 582 orang.

Data pasien corona di Indonesia. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF)

Sejak pertama kali diumumkan pasien positif terjangkit virus corona di Tanah Air pada Senin (02/02020), jumlahnya terus bertambah. Demikian juga dengan kasus kematian dan pasien yang dinyatakan sembuh.

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan berbagai langkah untuk menekan angka pasien virus corona itu.

Antisipasi tersebut dimulai dengan physical distancing hingga penyemprotan disinfektan. Kemudian masyarakat juga diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah.

Kemudian, pegawai negeri sipil (PNS) sampai karyawan swasta juga diimbau menerapkan bekerja dari rumah guna menekan angka persebaran virus corona.

Lalu, Presiden Joko Widodo menetapkan status darurat kesehatan masyarakat dengan menerbitkan Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi persebaran virus corona.

TNI dan Polri juga sudah melakukan upaya pencegahan. Mulai melarang seluruh kegiatan yang menghadirkan orang banyak seperti resepsi pernikahan hingga seminar ataupun lainnya. (FER)

BERITA TERKAIT