test

News

Sabtu, 28 Maret 2020 18:33 WIB

Yuk Praktekkan! Tips Mudah Hindari Hoax di WhatsApp

Editor: Ferro Maulana

Mencegah berita hoax. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ - Informasi berkenaan virus corona (COVID-19) semakin banyak setiap harinya. Namun demikian, kamu perlu untuk menyaring informasi tersebut agar tidak termakan hoax.

Apalagi ketika kamu akan meneruskan informasi ke media sosial atau WhatsApp Grup. Informasi yang salah bisa saja menyesatkan orang lain.

WhatsApp pun memberikan beberapa tips mudah untuk menghindari hoax terkait virus corona terhadap platform-nya. Berikut sajian yang dihadirkan PMJ News untuk kamu.

Kenali Ciri Informasi Hoax

Informasi hoax pada umumnya berupa pesan broadcast atau pesan yang diteruskan beberapa kali. Pesan biasanya tidak mengandung sumber yang jelas dan tanpa bukti resmi.

Selain teks, foto video, bahkan rekaman suara dapat direkayasa untuk menyesatkan kamu.

WhatsApp menambahkan fitur untuk mengenali pesan yang sering diteruskan yakni memiliki tanda diteruskan atau Forwarded.

Tanda itu dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah pesan tersebut ditulis oleh teman atau kerabat, atau apakah pesan tersebut sebenarnya berasal dari orang lain.

Ketika pesan diteruskan dari satu pengguna ke pengguna lain lebih dari lima kali, pesan tersebut bakal ditandai dengan ikon ‘panah ganda’ untuk menunjukan bahwa pesan tergolong ‘Banyak Diteruskan’ (Highly Forwarded), dan mungkin berpotensi mengandung hoax.

Cari Sumber Resmi

Ketika kamu mendapatkan pesan broadcast terkait Covid-19 di WhatsApp, cobalah untuk mencari sumber resmi untuk memverifikasi informasi.

Cari faktanya secara online dan periksa situs yang dapat dipercaya seperti WHO, kementerian kesehatan atau situs berita terpercaya untuk mengetahui dari mana cerita itu berasal.

Laporkan Pesan Hoax

Bila kamu menemukan informasi terkait virus Corona dan tidak ada sumber resminya, jangan langsung ikut menyebarkan.

Jangan teruskan pesan hanya karena orang lain meminta kamu untuk melakukannya, meskipun orang tersebut merupakan teman kamu.

Selain itu, kamu dapat melaporkan hoax tersebut di aplikasi WhatsApp dengan mengunjungi ‘Pengaturan/Setelah > Bantuan > Hubungi Kami.’ (WA/ FER)

BERITA TERKAIT