test

News

Senin, 30 Maret 2020 17:00 WIB

Belum Ada Karantina Wilayah, Walkot Bandung Imbau Warganya Tak Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memberikan keterangan (Foto: Instagram/@mangoded_md)

PMJ - Guna mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah tetangga. Bahkan Pemkot juga menjalin komunikasi terkait kemungkinan pemberlakuan karantina lokal.

"Untuk antar wilayah, Kota Bandung sudah berdiskusi dengan Cimahi, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kami berdiskusi dengan kepala daerah yang lain. Kita sedang melihat situasi perkembangan seperti apa," ungkap Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Senin (30/3/2020).

Menurut Oded, koordinasi dirasa memang perlu dilakukan karena wilayah Kota Bandung berbatasan sangat dekat dengan wilayah lainya. Secara geografis, ada tiga daerah lain yang berbatasan dengan Kota Bandung.

"Pemkot Bandung sudah berdiskusi dengan Forkopimda (Forum koordinasi pimpinan daerah) tentang wilayah karantina terbatas. Kita akan kaji dulu dari mulai sebaran wilayah yang terpapar, dan untuk waktunya belum ditentukan," tuturnya.

Namun, kata Oded, kebijakan yang akan diputuskan nantinya telah melalui komunikasi dengan para pakat. "Saat ini kami terus berkomunikasi dan meminta kepada para pakar atau ahli untuk mengakaji dulu mana saja wilayah yang harus dikarantina," ucapnya.

Oded meminta warganya untuk tetap melaksanakan social distancing dan physical distancing sebelum diputuskan tentang karantina. Termasuk meminta masyarakat agar tidak keluar kota dan mudik.

"Yang ingin mudik ke Kota Bandung, bersabar di tempatnya masing-masing. Begitu pula yang dari Kota Bandung yang ingin mudik keluar Bandung. Lebih baik mengarantina dan mengisolasi diri di tempat masing masing," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT