test

Politik

Sabtu, 22 Februari 2020 12:38 WIB

Pemerintah Siap Evakuasi WNI dari Yokohama

Editor: Ferro Maulana

Sejumlah WNI masih berada di Wuhan, China yang sedang diisolasi karena wabah virus corona (Foto: Instagram/@jokowi)

PMJ - Pemerintah RI memastikan siap segera melakukan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Yokohama, Jepang. Keputusan evakuasi tersebut dilakukan usai pemerintah melaksanakan rapat teknis dengan Kementerian atau Lembaga terkait, dan dengan Pemerintah Jepang.

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpers) No.4/2019, evakuasi kemanusiaan dan gotong royong kemanusiaan akan dikoordinasikan oleh dua Menteri Koordinator (Menko). Antara lain Menko Politik Hukum dan Keamanan, serta Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menjelaskan bahwa Kepala Negara terus menerima laporan terakhir tentang keadaan WNI di Yokohama Jepang dan memerintahkan semua pihak di dalam negeri untuk mempersiapkan evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama (Jepang) ini sebaik mungkin

"Presiden juga memerintahkan Kemenlu dan KBRI untuk terus memantau dan berkomunikasi dengan 78 WNI serta menyelesaikan semua prosedur evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama (Jepang) ke Indonesia kepada pihak Pemerintah dan otoritas lainnya di Jepang," tuturnya.

Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo, Jepang dan Kemenlu, WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess, Yokohama, berjumlah 78 orang.

Dari total WNI itu, sebanyak 74 orang dinyatakan sehat, tetapi empat WNI yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19 telah dirawat di rumah sakit di Jepang dengan standar protokol Badan PBB untuk kesehatan dunia (WHO).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah melakukan evakuasi kemanusiaan tahap pertama terhadap 238 WNI dari Propinsi Hubei, Tiongkok, menuju lokasi transit untuk observasi di Natuna, Riau. (FER)

BERITA TERKAIT