test

News

Senin, 13 April 2020 14:12 WIB

Operasional Penerbangan Bandara Soetta dan Halim PK Turun Selama PSBB

Editor: Hadi Ismanto

Bandara Soekarno Hatta (Foto: Dok Net)

PMJ - Sejalan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), operasional penerbangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma mengalami penurunan.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menyebut penurunan ini menandakan bahwa maskapai dan masyarakat memang telah memahami dan mematuhi berlakunya PSBB DKI Jakarta.

"Jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta mengalami penurunan dengan load factor pesawat diperkirakan juga tidak lebih dari 50 persen seiring dengan PSBB yang memang dipatuhi warga Jakarta," jelas dia dalam keterangannya.

Tak jauh berbeda dengan bandara Soetta, penurunan penerbangan juga terjadi di Halim Perdanakusuma. Pada 10-11 April turun sekitar 20,21 hingga 29,33 persen dibandingkan dengan 9 April yang sebanyak 95 pergerakan.

"Penerbangan memang mengalami penurunan, namun di sisi lain hal ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 seiring dengan berlakunya PSBB," ungkapnya.

Kendati begitu, Awaluddin menyebut operasional penerbangan yang masih terlihat sedikit bergairah, yaitu pelayanan kargo. "Penerbangan kargo dibutuhkan untuk mengangkut alat-alat medis dan berbagai bantuan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT