test

News

Kamis, 5 November 2020 20:18 WIB

Meski Resesi, Pemerintah Sebut Tren Ekonomi Indonesia Positif

Editor: Hadi Ismanto

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berikan keterangan (Foto: PMJ News/Setpres)

PMJ - Pemerintah menyampaikan meski ekonomi kuartal III-2020 mengalami minus 3,49%, ini masih dinilai positif. Pasalnya, ekonomi Indonesia sudah menunjukkan tanda positif walaupun mengalami resesi.

"Kita bisa melihat tren ekonomi kita sudah positif yang mana melewati rough bottom dan di kuartal ketiga minus 3,49%," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat konferensi pers virtual, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, saat ini beberapa ekonomi dunia sudah mengalami pemulihan. Walaupun saat ini masih terkontraksi.

"Singapura sudah mengalami pemulihan walaupun masih terkontraksi, lalu China juga udah positif ini menunjukkan trennya meningkat," jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Indonesia telah melalui titik balik dari resesi ekonomi yang terjadi di kuartal II-2020 dan kuartal III-2020. Pernyataan itu didasari oleh data ekonomi yang menunjukkan adanya pertumbuhan pada sejumlah sektor.

"Kita sudah melalui titik balik atau turning point. Telah kita lewati masa terburuk di kuartal II-2020. Sekarang tren perbaikan," ungkap Sri Mulyani.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah akan fokus perhatian pada akselerasi tren pemulihan dan pertumbuhan ekonomi ke zona positif.(Hdi)

BERITA TERKAIT