test

News

Jumat, 17 April 2020 14:28 WIB

Taiwan Umumkan Tak Ada Lagi Kasus Positif Corona di Wilayahnya

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung (Foto: Dok Net)

PMJ - Hampir seluruh negara yang dampak virus corona tengah berjibaku menangani pandemi ini. Kabar mengejutkan justru datang dari Taiwan, dimana negara itu mengumumkan bahwa tidak ditemukan lagi atau nol kasus positif baru dalam sebulan terakhir.

Seperti dilansir laman Taiwan News, Jumat (17/4/2020), Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama mereka tak lagi mencatat kasus corona di negaranya.

Pengumuman ini pun sontak ditanggapi masyarakat Taiwan dengan suka cita. Sebagai informasi, kasus corona terakhir yang dicatat terjadi sebulan lalu. Kendati begitu, negara ini masih memiliki 393 kasus virus corona, enam kematian, dan 124 pasien sembuh.

Adapun langkah tanggap Taiwan dalam meredam penyebaran virus corona terletak pada kedisiplinan warganya dalam menaati anjuran pemerintah untuk menggunakan masker saat keluar rumah serta menjalankan protokol pencegahan COVID-19.

Sebagaimana dilaporkan Anadolu Agency, Taiwan sejauh ini memang belum melakukan penguncian wilayah (lockdown/karantina). Kehidupan di negara itu relatif normal dengan sekolah dan bisnis berjalan seperti biasa.

Rahasia Taiwan terletak pada tindakan awal pencegahan kala corona muncul pertama kali di China. Mereka melakukan intervensi non-pengobatan atau non-pharmacetical intervention (NPI) pada masyarakatnya.

NPI yang dimaksud adalah contact tracing, isolasi orang yang sakit, karantina, pada orang-orang yang terinfeksi sejak awal, sehingga penyebarannya tidak meluas dan berhasil dikendalikan.(Hdi)

BERITA TERKAIT