test

News

Kamis, 23 April 2020 20:46 WIB

Jelang Larangan Mudik, Penumpang Terminal Kalideres Melonjak

Editor: Hadi Ismanto

Terminal Kalideres, Jakarta Barat (Foto: Dok Net)

PMJ - Menjelang penerapan aturan larangan mudik di tengah pandemi corona, lonjakan penumpang terjadi di terminal Kalideres, Jakarta Barat. Rencananya, pelarangan resmi diterapkan mulai malam ini pukul 00.00 WIB.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen memperkirakan lonjakan pemudik mencapai hingga 100 persen. Jumlah penumpang pada Kamis (23/4) dari pukul 06.00-13.00 WIB sejumlah 256 orang.

"Kemarin Rabu (22/4) dari pukul 06.00-18.00 WIB selama PSBB (pembatasan sosial berskala besar), jumlah penumpang ada 226, kalau dilihat hari ini dengan hari kemarin, kenaikannya sampai 100 persen," ungkap Revi di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Revi mencontohkan, antrean penumpang yang menggunakan bus Sinar Jaya untuk pulang kampung di Terminal Kalideres sudah terjadi sejak Rabu pagi, pukul 05.30 WIB.

Ia mengaku sudah mengimbau penumpang yang tengah menunggu keberangkatan bis untuk tidak mudik. Namun imbauan tersebut tak digubris, lantaran para pemudik tak dapat bekerja lagi di Jakarta, karena menjadi korban PHK (pemutusan hubungan kerja).

"Mereka beralasan, jika dipaksakan di Jakarta nanti enggak bisa makan. Jadi rata-rata korban PHK dan pedagang yang pendapatannya harian. Mayoritas tujuan Jawa Tengah, kemudian yang menuju Sumatera ada jurusan ke Lampung, Bengkulu dan Palembang," tuturnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT