test

News

Jumat, 24 April 2020 20:39 WIB

Pertamina: Stok BBM Selama Ramadhan Aman

Editor: Hadi Ismanto

Pendapatan Pertamina diperkirakan akan merosot tajam di tengah wabah COVID-19 (Foto: Dok Net)

PMJ - PT Pertamina memastikan pasokan LPG dan BBM terutama selama bulan Ramadhan aman. Khususnya di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Kami memastikan stok BBM dan LPG saat ini berada dalam kondisi penuh dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama pada bulan Ramadhan ini," ungkap General Manager MOR III Tengku Fernanda dalam keterangan tertulis, Jumat (24/4/2020).

"Pertamina juga telah melakukan tambahan pasokan (fakultatif) untuk LPG di wilayah MOR III, yang didistribusikan kepada masyarakat melalui agen dan pangkalan LPG resmi Pertamina," sambungnya.

Fernanda menyebut saat ini konsumsi BBM di wilayahnya mengalami penurunan akibat penerapan PSBB dan WFH. Pada April 2020, produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) turun sebesar 35 persen dan Gasoil (Dexlite dan Pertamina Dex) turun 26 persen.

"Walau demikian, seluruh SPBU tidak ada yang tutup, tetap beroperasi melayani kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Adapun kebutuhan LPG di sektor rumah tangga meningkat karena sebagian besar masyarakat kini beraktivitas dari rumah. Pada bulan April, konsumsi LPG subsidi 3 kilogram (KG) naik 11 persen, dari konsumsi normal 6.504 metrik ton (MT)/hari menjadi 7.214 MT/hari.

Sedangkan, konsumsi LPG non subsidi untuk sektor rumah tangga, yakni Bright Gas 5,5KG dan 12 KG, menjadi 636 MT/hari dari konsumsi normal 646 MT/hari, atau turun 2 persen.(Hdi)

BERITA TERKAIT