test

News

Senin, 18 Mei 2020 14:36 WIB

Kementerian BUMN Siap Jadi Role Model Menuju The New Normal

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Kementerian BUMN (Foto: bumn.go)

PMJ - Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengutarakan soal The New Normal. Dimana yang dimaksud adalah sebuah kondisi kehidupan normal yang baru, bukan kembali kepada kenormalan yang sebelumnya.

Menyikapi hal ini, Kementerian BUMN meminta kepada perusahaan pelat merah untuk menyiapkan dan memantapkan protokol antisipasi agar dapat mempengaruhi (influence) masyarakat menuju The New Normal.

"Dalam konteks ini BUMN harus jadi role model menggerakkan masyarakat menuju The New Normal," ujar Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dalam konferensi pers virtual, Senin (18/5/2020).

"BUMN ini lokomotif jadi mudah-mudahan masyarakat bisa segera masuk The New Normal secara alamiah tanpa intervensi keputusan," sambungnya.

Adapun protokol yang disiapkan nantinya merupakan hasil dari diskusi dan sharing antar BUMN yang rutin dilakukan dalam suatu community of practice. Alex menyebut setiap BUMN sudah memiliki protokolnya masing-masing.

Nantinya, protokol tersebut akan terus dievaluasi dan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Kemudian, tiap BUMN juga diarahkan untuk segera membentuk task force dengan referensi dari kajian kebijakan nasional.

"Dengan itu makanya BUMN memastikan sebelumnya sudah siap, jadi kalau nanti 1 Juni dibuka, kita sudah punya protokol seminggu sebelum itu. Kita bukan nyelonong, tapi menyesuaikan dan mempersiapkan," tuturnya.

Khusus untuk BUMN yang bergerak di bidang consumer seperti bank dan transportasi, kemungkinan akan ada protokol yang lebih ketat mengingat usaha di bidang tersebut pasti melibatkan banyak orang.(Hdi)

BERITA TERKAIT