test

News

Selasa, 26 Mei 2020 17:04 WIB

Presiden Jokowi Berharap Tingkat Penyebaran Covid-19 Terus Menurun

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat meninjau pendisplinan protokol kesehatan dan PSBB di Stasiun MRT Bundara Hotel Indonesia, Jakarta (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia terus menurun. Karenanya, ia meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti yang diatur dalam pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan peninjauan pendisplinan protokol kesehatan dan PSBB di Stasiun MRT Bundara Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2020) pagi.

Kepala Negara mengatakan, kemampuan penularan Covid-19 yang diukur dari Reproduction Number (RO) di beberapa provinsi Tanah Air telah menurun ke bawah 1. Dengan R0 di bawah 1, maka dapat diartikan tingkat penularan virus atau bakteri cukup rendah.

Kendati begitu, jika R0 di atas 1 maka berarti tingkat penularan masih kategori tinggi. Misalnya, jika R0=2 maka berarti satu orang yang terpapar Covid-19 berpotensi menularkan virus ke dua orang sehat lainnya.

"Kita melihat, R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1. Dan, kita harapkan semakin hari akan semakin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden menyebut akan mengerahkan TNI dan Polri secara lebih masif untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Jokowi, pengerahan TNI-Polri akan dimulai hari ini di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang telah menerapkan PSBB. Ia meyakini pendisiplinan protokol kesehatan di titik-titik kerumunan akan memutus rantai penularan Covid-19.

"Akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini, sehingga kita harapkan kedisplinan yang kuat dari masyarakat akan semakin terjaga," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT