test

News

Sabtu, 30 Mei 2020 15:10 WIB

Kemenhub Pantau Puncak Arus Balik dari Sumatera

Editor: Hadi Ismanto

Gerbang Tol Cikupa (Foto: Dok Net)

PMJ - Setelah hampir sepekan Lebaran, Kementerian Perhubungan mencatat pergerakan yang terjadi di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, didominasi kegiatan ekonomi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebut kegiatan yang dimaksud sepert pekerja yang harus pulang-pergi (commuting) di dua provinsi, Jakarta dan Banten.

"Di Gerbang Tol Cikupa berdasarkan data pihak operator jalan tol ada kenaikan hari ini. Tapi pergerakannya lebih ke komuter. Jadi masyarakat yang dari Jakarta kerjanya di sekitar Serang, Banten dan kembali," ungkap Budi dalam keterangannya, Sabtu (30/5/2020).

Menurut Budi, jumlah masyarakat yang akan balik (dari mudik Lebaran) tidak sebanyak perkiraan awal. Kendati begitu, pihaknya tetap akan memantau perkembakan arus balik pada Sabtu hingga Senin depan.

"Banyak yang sudah dikeluarkan, tapi kita akan tetap memantau potensi kenaikan mulai Sabtu sampai Senin. Dalam rentang waktu tiga hari ke depan, yang akan balik mungkin ada juga," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi menjelaskan bahwa masyarakat yang berasal dari Sumatera dan akan kembali ke Jabidetabek sebelumnya sudah disekat dan diperiksa dari Pelabuhan Bakauheni.

"Di Bakauheni kita sudah minta kepada jajaran Kepolisian, Perhubungan, maupun Satpol PP. Seluruh tim satuan ini bertugas mulai dari Palembang sampai ke Lampung sudah melakukan penyekatan untuk mencegah pemudik," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT