test

Politik

Selasa, 5 November 2019 12:12 WIB

Bertemu PM Jepang, Jokowi Bahas Kereta Semi Cepat

Editor: Redaksi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (foto: IG @sekretariat.kabinet)

PMJ – Pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi membahas sejumlah proyek infrastruktur kepada PM Abe yakni proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya hingga Pelabuhan Patimban.

Jokowi meminta agar setiap proyek yang dilakukan kedua negara di Indonesia bisa menggunakan konten local. "Ke depan, saya ingin mendorong peningkatan penggunaan konten lokal dan juga alih teknologi dalam kerja sama infrastruktur kita," kata Jokowi seperti dikutip melalui keterangan resminya, Selasa (5/11/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (foto: IG @sekretariat.kabinet)

Seperti diketahui, Indonesia dan Jepang sepakat menggarap proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya yang ditandai penandatanganan kerja sama pada 24 September 2019 lalu. Kedua belah pihak juga sepakat untuk mengimplementasikan proyek ini dengan dua fase.

Fase pertama meliputi pekerjaan konstruksi antara Jakarta dan Semarang dan fase kedua yakni pekerjaan konstruksi antara Semarang dan Surabaya. Kedua belah pihak juga sepakat untuk melakukan perubahan struktur sipil, dalam hal ini perlintasan sebidang di panjang jalur proyek.

Penutupan perlintasan sebidang bisa dilakukan melalui JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), flyover, atau underpass. (BHR)

BERITA TERKAIT