test

News

Sabtu, 13 Juni 2020 08:03 WIB

Kominfo Bersama YouTube dan Google Siap Basmi Konten Hoax di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Menkominfo Johnny G Plate. (Foto: Dok Net)

PMJ - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjalin kerjasama dengan pihak YouTube dan Google dalam penanganan konten hoax (informasi palsu) khususnya di masa pandemi virus corona (Covid-19) yang menyerang Indonesia.

Pemerintah pun mengapresiasi peran YouTube yang ikut serta memerangi konten disinformasi tersebut.

"Agenda pertama pagi tadi, kami melakukan komunikasi dengan (pihak) YouTube dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa betapa pentingnya kerjasama dalam penanganan konten hoax yang terkait spesifiknya dalam kaitannya dengan pemutusan rantai Covid," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam channel YouTube resmi milik Kominfo, hari ini Jumat (12/06/2020).

Masih dari keterangan Menkominfo, selain memerangi berita hoax yang menjamur pada saat pandemi, Kominfo juga mengapresiasi komitmen YouTube menyebarluaskan informasi yang sehat kepada warga global serta upaya membangun literasi digital masyarakat Indonesia.

"Kami apresiasi komitmen YouTube yang membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi yang sehat," sambungnya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan daring tersebut, membahas juga terkait peranan media sosial pada sektor ekonomi digital.

YouTube dan pemerintah mempunyai tujuan yang sama dalam meningkatkan peluang ekonomi digital serta mempercepat proses transformasi menuju masyarakat digital.

“Hal-hal tersebut sangatlah baik untuk diketahui, mengingat upaya adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman membutuhkan dukungan ekonomi digital, persebaran informasi yang sehat, aktual, faktual serta literasi digital bagi masyarakat kita," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT