test

Hukrim

Kamis, 28 Juli 2022 18:41 WIB

Polda Metro: Motif Pelaku Sebar Hoax di SnackVideo Agar Dapat Uang

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap pelaku penyebaran berita hoax di SnackVideo. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Polisi berhasil mengungkap dan menangkap pelaku penyebaran berita hoax yang sempat membuat kegaduhan dengan menggunakan akun SnackVideo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebutkan, motif yang membuat pelaku berinisial AH melakukan tindak pidana tersebut adalah motif ekonomi.

"Tersangka ini setiap meng-upload video atau postingannya tersebut agar mendapatkan uang dari SnackVideo," ujar Zulpan kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Kombes Pol Auliansyah Lubis menambahkan, pelaku mendapatkan keuntungan dari video yang diunggah melalui SnackVideo.

“Minimal itu 50-100 ribu kalo ada orang nonton mungkin satu orang nonton. Jadi makin banyak orang nonton, semakin banyak dia mendapatkan keuntungan,” paparnya.

“Di SnackVideo itu, pelaku ini membuat video. Kemudian mempostingnya disana. Kemudian pejabat publik siapa mungkin teman-teman bisa liat disana. Kemudian berapa keuntungannya ini tergantung daripada berapa banyak yang akan menonton,” tambahnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut dia, pelaku sempat menanyakan keuntungan kepada pihak SnackVideo terkait unggahan video.

"Kami melihat di-capture-an pembicaraan dengan Agency SnackVideo, dia menanyakan dengan keuntungannya. Di situ ada chat-nya, jadi tergantung berapa banyak. Semakin banyak orang yang menonton video tersebut, maka dia makin banyak mendapatkan ekonomi atau keuntungan dari situ,” jelasnya.

BERITA TERKAIT