test

News

Jumat, 26 Juni 2020 16:32 WIB

Menlu: Presiden Jokowi Dorong Penguatan Kerjasama Kawasan ASEAN

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN secara virtual (Foto: Youtube Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti KTT ASEAN ke-36 secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6). KTT dihadiri seluruh pemimpin negara ASEAN.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan bahwa Kepala Negara mendorong penguatan kerja sama kawasan dan regional untuk menghadapi masa pandemi di tengah pesimisme terhadap multilateralisme.

"Di tengah pesimisme terhadap multilaterisme, maka kerja sama kawasan menjadi lebih penting untuk mengembalikan harapan terhadap multilateralisme yang efektif, efisien dan berkeadilan," ungkap Menlu Retno saat konferensi pers melalui akun YouTube Sekretaris Presiden, Jumat (26/6/2020).

Retno menjelaskan, Presiden Jokowi juga menekankan kerja sama ASEAN dan ASEAN led mechanism dapat menjadi mesin penggerak bagi stabilitas dan perdamaian kawasan di era new normal saat ini.

Retno juga megatakan, Presiden Jokowi berharap ASEAN dapat menjadi pelindung agar kawasan tak menjadi ajang power projection negara besar lainnya.

"Presiden juga menyampaikan agar ASEAN harus menjadi subjek, dan bukan menjadi objek dalam politik global. Untuk itu Presiden menyampaikan persatuan dan sentralitas ASEAN menjadi kunci," tuturnya.

Menurut Retno, peningkatan kerja sama regional ini dapat dicapai dengan memperkokoh ASEAN outlook mengenai Indo-Pasific.(Hdi)

BERITA TERKAIT