test

News

Jumat, 24 Juli 2020 10:57 WIB

Masjid Istiqlal Akan Dibuka Kembali Sebelum Idul Adha

Editor: Hadi Ismanto

NU akan menggelar Maulid Nabi Muhammad di Majid Masjid Istiqlal. (Foto: Instagram/@garudans.id).

PMJ - Setelah memakan waktu hampir dua bulan, Masjid Istiqlal akan kembali dapat digunakan untuk ibadah. Rencananya masjid terbesar di Asia Tenggara itu bakal dibuka akhir Juli 2020, sebelum hari raya Idul Adha.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut proses renovasi Masjid Istiqlal saat ini telah selesai sepenuhnya. Diketahui, renovasi masjid dimulai pada Meri 2020.

"Renovasi Masjid Istiqlal sudah 100 persen dan sudah dilakukan provisional handover (PHO)," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya, Kamis (23/7/2020).

"Saya dan Imam Besar Masjid Istiqlal bersepakat dan berjanji kepada Presiden Joko Widodo supaya Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Idul Adha, Alhamdulillah ternyata bisa. Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan," sambungnya.

Menteri Basuki menjejalskan, secara keseluruhan renovasi Masjid Istiqlal ini berjalan baik, terutama pada pekerjaan lansekap dan pencahayaan.

"Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden. Lighting juga sudah kita coba tadi," tuturnya.

"(Ini) renovasi besar-besaran untuk pertama kali sejak dibangun 42 tahun lalu, Insya Allah sudah sesuai dengan harapan masyarakat," imbuhya.(Hdi)

BERITA TERKAIT