test

News

Jumat, 24 Juli 2020 16:56 WIB

Presiden Jokowi Salurkan BMK Kepada Pedagang Kecil

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat bertatap muka dengan para pelaku usaha kecil (Foto: Instagram/@jokowi)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada pedagang kecil yang terkena dampak pandemi Covid-19. BMK itu yang diberikan sebesar Rp2.400.000.

"Pada siang hari ini kita memberikan bantuan modal kerja tadi sudah dibisiki isinya sebesar Rp2.400.000, semoga bisa membantu bapak ibu menambah modal kerja uang bapak ibu miliki," ungkap Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020).

Menurut Jokowi, selama masa pandemi situasi memang tidak mudah dihadapi. Covid-19 berimbas kepada ekonomi nasional maupun global. Imbasnya juga dirasakan para pengusaha mikro, kecil, menengah, dan pengusaha besar.

"Dan yang terkena pun bukan hanya negara kita Indonesia, semua negara 215 negara dengan kondisi mirip mirip kita, bahkan banyak yang lebih parah dari kita," tuturnya.

Menyadari kondisi saat ini dimana omset pada pedagang menurun seiring dengan pandemi corona. Jokowi berharap BMK ini bisa menambah modal usaha.

"Mungkin yang dulu omsetnya bisa Rp800.000 sehari, sekarang tinggal Rp 200.000 atau Rp150.000 saya tau. Jadi sekali lagi omset memang turun, karena memang permintaan memang menurun," jelasnya.

Meksi begitu, data yang dimiliki Jokowi pada bulan Juni lalu keadaan ekonomi mulai merangkak normal. Dia berharap pada bulan Juli dan Agustus kedepan ekonomi bisa membaik lebih tinggi lagi.

"Sehingga kita harapkan kita pada posisi normal kembali, sehingga omset bapak ibu dalam berusaha juga menjadi normal kembali," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT