test

News

Kamis, 30 Juli 2020 16:17 WIB

Dihadiri Gubernur Anies, Masjid Balai Kota Gelar Salat Idul Adha Maksimal 500 Jemaah

Editor: Ferro Maulana

Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: PMJ/ Istimewa)

PMJ - Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta siap menggelar Salat Idul Adha 1441 H secara berjemaah di tengah pandemi Covid-19, besok Jumat (30/07/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hendra Hidayat. Tetapi, ia menyebut jemaah akan dibatasi maksimal hingga 500 orang.

"Undangannya hanya untuk Pak Gubernur Anies Baswedan, Wagub, Sekda, termasuk para pejabat DKI. Maksimal 500 orang," terang Hendra kepada wartawan, Kamis (30/07/2020).

Lanjut Hendra, jumlah jemaah itu setengah dari kapasitas normal Masjid Fatahillah yang mampu menampung 1.000-1.200 jemaah. Pembatasan dilakukan agar ada jarak antar jemaah salat guna penerapan protokol kesehatan.

Meski begitu, pihaknya tak melarang bila ada masyarakat umum yang hendak mengikuti salat Idul Adha di Masjid Balai Kota. Ia pun meminta masyarakat agar turut mentaati protokol kesehatan yang sudah diatur.

"Masyarakat umum juga harus bawa sajadah sendiri, kantong sendiri buat alas kaki. Terus bawa handsanitaizer, terus wudhu udah dari rumah," tuturnya.

Tata cara pelaksanaan Salat Idul Adha dengan protokol kesehatan sebelumnya telah diatur Kemenag bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Panduan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 yang dikeluarkan Kementerian Agama. (FER).

BERITA TERKAIT