test

News

Selasa, 11 Agustus 2020 13:00 WIB

Jokowi Saksikan Langsung Penyuntikan Uji Vaksin Covid-19 ke Relawan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat meninjau fasilitas produksi dan pengemasan vaksin Covid-19 milik Bio Farma (Foto: Biro Pers Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau fasilitas produksi dan pengemasan vaksin Covid-19 milik Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, hari ini Selasa (11/8/2020). Kunjungan Kepala Negara sekaligus menyaksikan secara langsung proses penyuntikan vaksin terhadap sejumlah relawan.

"Hari ini saya hadir di Fakultas Kedokteran Unpad di Bandung, Jawa Barat dalam angka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana imunisasi untuk 1.620 relawan yang akan diujicobakan," ungkap Jokowi, Selasa (11/8/2020).

Jokowi berharap pada Januari 2021 nanti, Indonesia sudah bisa memproduksi secara massal kandidat vaksin Covid-19. Adapun vaksin tersebut nantinya akan diberikan langsung ke masyarakat.

"Kita berharap uji klinis yang ketiga nantinya, insya Allah akan diselesaikan dalam 6 bulan ini. Kita harapkan di bulan, insya Allah di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi," tuturnya.

"Sekaligus juga kalau produksi sudah siap, langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air," sambungnya.

Apabila lolos uji klinis tahap ketiga, kata Jokowi, vaksin ini akan diproduksi oleh Bio Farma. Dimana pada Agustus ini, kapasitas produksinya mencapai 100 juta vaksin.

"Tetapi nantinya di akhir tahun 2020, di Desember meningkat menjadi 250 juta vaksin. Artinya vaksin inilah yang nanti akan digunakan untuk vaksinasi di tanah air," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT