test

News

Selasa, 13 Oktober 2020 13:50 WIB

Bio Farma Pastikan Harga Vaksin Covid-19 Rp200 Ribu

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin Sinovac. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir memastikan harga vaksin corona sekitar Rp200 ribu. Pernyataan itu sekaligus membantah informasi bahwa Sinovac menandatangani kesepakatan dengan Brasil yang akan menjual harga vaksin sekitar USD1,96 per dosis atau setara Rp29 ribu.

"Informasi harga vaksin covid-19 di Brasil telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac," ujar Honesti dalam keterangannya, Selasa (13/10/2020).

"Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan pemerintah Brasil tidak tepat. Mengenai harga US$1,96 per dosis pun tidak tepat," sambungnya

Menurut Honesti, biaya pengiriman tiap dosisnya sekitar USD2. Ia membeberkan dalam surat resmi yang disampaikan oleh Sinovac, ada beberapa faktor penentu harga vaksin covid-19. Salah satunya bergantung investasi pada studi klinis fase 3 terutama dalam uji efikasi dalam skala besar.

Pun demikian juga dengan penentuan harga di Indonesia, menurut dia, mengikuti prinsip yang sama. Dengan kata lain, skema pemberian harga vaksin covid-19 ini, tidak dapat disamakan.

Honesti mengatakan untuk menjaga dan menjamin kualitas vaksin Covid-19 mulai dari bahan baku dan lainnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan terbang ke Sinovac China untuk visit audit proses pengembangan dan produksi vaksin corona di Beijing, China.

Kunjungan sekaligus untuk melaksanakan audit halal. BPOM juga akan memastikan fasilitas dan proses produksi vaksin covid-19 di Bio Farma memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)/Good Manufacturing Practice (GMP).(Hdi)

BERITA TERKAIT