test

Politik

Kamis, 9 Januari 2020 16:02 WIB

Presiden Jokowi ke Perairan Natuna, Kapal Pencuri Ikan Tiongkok Langsung Kabur

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi di Kepulauan Natuna. (Foto: Dok Net)

PMJ - Mabes TNI menerangkan bahwa kapal nelayan dan coast guard Tiongkok sudah keluar dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna, Kepulauan Riau setelah Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Natuna, Rabu (08/01/2020).

"Dengan pantauan dari TNI AU melalui udara, kapal-kapal Tiongkok yang melakukan ilegal fishing (pencurian ikan) mereka sudah keluar dari ZEE kita. Pasca-kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna," demikian kata Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (09/01/2020).

Masih dari keterangan Sisriadi, kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna memberikan pesan ke Tiongkok bahwa Kepulauan Natuna merupakan wilayah kedaulatan NKRI. Dan, pesan itu sudah ditangkap oleh Negeri Tirai Bambu, karena kapal Tiongkok telah pergi dari ZEE.

"Saya kira kunjungan Presiden ke Natuna merupakan pesan dari pemerintah kita ke Beijing. Saya kira itu dibaca dengan cermat oleh Beijing bahwa kapal nelayan yang di-backup oleh kapal cost guard mereka yang dalam hal ini kapal pemerintah, sudah meninggalkan wilayah ZEE," tutur Sisriadi.

Lanjut Sisriadi, armada TNI tetap menggelar operasi rutin di wilayah Natuna untuk mengantisipasi adanya klaim pihak asing.

"Untuk Natuna kami laksanakan instruksi Presiden, kemudian operasi TNI, karena itu sifatnya operasi rutin tetap kami lakukan. Untuk intenstasnya kami melihat situasi taktis di lapangan," tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT