test

News

Sabtu, 22 Agustus 2020 09:31 WIB

Pergub Anies Izinkan Warga Lepas Masker Saat Olahraga Intensitas Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga juga bisa berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Pemprov DKI Jakarta memberikan pengecualian wajib menggunakan masker bagi warga yang melakukan olahraga intensitas tinggi. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 79 tahun 2020.

Pergub ini mengatur tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

"Setiap orang yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi di luar ruangan guna menghindari gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), dikecualikan dari kewajiban menggunakan masker ketika berada di luar rumah," demikian bunyi kutipan Pasal 6 Ayat 1.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Dok Net)

Selanjutnya untuk ketentuan jenis olahraga yang tergolong intensitas tinggi ditetapkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta.

"Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis olahraga dengan intensitas tinggi untuk tujuan prestasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga," jelas Pasal 6 Ayat 2

Pengecualian wajib masker ini sendiri juga sejalan dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penggunaan masker saat berolahraga dinilai dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, menggunakan masker saat olahraga bisa membuatmu sulit bernapas dan membuat kadar oksigen dalam darah menurun. Padahal ketika berolahraga, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen dari biasanya.

Polusi Udara
Warga dianjurkan tidak memakai masker saat berolahraga (Foto: Dok Net)

Turunnya kadar oksigen ini akan membuat detak jantung meningkat dan otot lebih banyak menumpuk asam laktat. Akhirnya, kamu akan lebih cepat kelelahan walaupun olahraga yang kamu lakukan tergolong ringan.

Beberapa orang terkadang tidak mengerti sinyal kelelahan saat sedang berolahraga. Jika terus dipaksakan, kondisi ini bisa memicu penurunan tekanan darah, sehingga asupan darah ke otak berkurang dan dapat menyebabkan pingsan.

Tidak hanya itu saja, ketika berolahraga wajah akan mengeluarkan keringat dan membuat masker menjadi basah. Hal ini tentu bisa membuatmu merasa tidak nyaman dan memungkinkan hidung menjadi tersumbat.

"Orang seharusnya tidak memakai masker ketika berolahraga karena masker dapat mengurangi kemampuan bernapas dengan nyaman," demikian pernyataan resmi dari WHO

Menurut WHO, cara yang tepat untuk mencegah penyebaran virus corona ketika berolahraga adalah menjaga jarak fisik dengan orang lain. "Menjaga jarak fisik setidaknya satu meter dari orang lain," sambung WHO.(Hdi)

BERITA TERKAIT