test

News

Rabu, 26 Agustus 2020 20:01 WIB

Dikabarkan Koma, Kim Jong-un Pimpin Rapat Penanganan Bencana

Editor: Hadi Ismanto

Pemimpin tertinggi Korut KIm Jong-Un (Foto: Dok Net/Dok Net)

PMJ - Setelah sempat dikabarkan dalam kondisi kritis, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un dilaporkan masih memimpin rapat partai pada Selasa (25/8) waktu setempat, Pertemuan membahas langkah-langkah untuk meminimalisir kerusakan akibat angin topan.

Berdasarkan keterangan kantor berita Korea Utara, KCNA, Rabu (26/8/2020), Kim Jong-un meminta anak buahnya untuk berupaya mencegah korban angin topan dan meminimalkan kerusakan tanaman.

Kim Jong-un menginstruksikan, "menyadari pentingnya langkah tepat untuk mencegah kerusakan akibat topan dan metode untuk melawan krisis, dan menyerukan kepada semua bidang ekonomi nasional untuk mengambil tindakan cepat untuk mencegah kerusakan akibat topan".

Seperti dilansir dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, dalam pertemuan itu juga dibahas beberapa kekurangan dalam langkah-langkah anti-epidemi yang sedang berlangsung di Korea Utara, meskipun tidak merinci detailnya.

"Secara serius, pertemuan itu menilai beberapa cacat dalam penanganan darurat anti-epidemi negara untuk memeriksa masuknya virus (corona) ganas itu, dan mempelajari langkah-langkah untuk segera mengatasi kekurangan tersebut," demikian isi laporan KCNA.

Sebelumnya, Kim sempat diklaim koma setelah muncul laporan dari Badan Intelijen Korea Selatan (NIS). Lembaga itu menyebut Kim menyerahkan sebagian kewenangan kepada adiknya, Kim Yo-jong, dan tiga pejabat lain.

Pakar menduga hal itu hanya upaya Kim merombak pemerintahan dan tidak terkait dengan masalah kesehatan.(Hdi)

BERITA TERKAIT