test

News

Kamis, 27 Agustus 2020 17:31 WIB

Hasil Swab Negatif, Ridwan Kamil Besok Disuntik Vaksin Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjalani penyuntikan kedua vaksin Covid-19. (Foto: PMJ News/Instagram @ridwankamil).

PMJ - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjalani tahapan penyuntikan pertama vaksin Covid-19, pada Jumat (28/8/2020). Kepastian tersebut diperoleh setelah hasil uji tes swab-nya dinyatakan negatif.

"Saya dilaporkan negatif Covid, sehingga besok lolos untuk mengikuti penyuntikan pertama di Puskesmas Garuda, (Kota Bandung, Jawa Barat)," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil di Gedung Pakuan, Bandung, Kamis (27/8/2020).

Setelah dua pekan disuntik vaksin Covid-19 ini, kata Emil, dirinya akan kembali ke lokasi tes klini untuk memberikan laporan perkembangan yang dialaminya kepada peneliti. Apabila tidak ada keluhan, ia akan mendapatkan penyuntikan kedua.

"Pemberian vaksin akan dimonitor hingga kunjungan ketiga, setelah itu dicek darah apakah imunitas saya baik, apakah 90 persen atau lebih. Kalau itu berhasil, tujuan berarti tercapai sehingga bisa menjadi bukti mulai diproduksi vaksin di Bio Farma," tuturnya.

Emil mengaku tak memiliki persiapan khusus menjelang penyuntikan besok. Sesuai dengan anjuran dokter, ia hanya menjaga kondisi kesehatannya dengan menjaga pola tidur dan makan

"Saya jaga tidur, makan dengan baik, karena vaksin ini jangan sampai orang sakit terus si peneliti menduga sakitnya karena vaksin padahal sakitnya karena perilaku gaya hidup. Saya sudah diwanti untuk menjaga. Saya juga mengurangi perjalanan yang sifatnya jauh," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT