test

News

Kamis, 10 September 2020 11:55 WIB

Jabar dan Bodebek Ikut PSBB Total? Tunggu Hasil Rapat Pimpinan Siang Ini

Editor: Hadi Ismanto

Wali Kota Bogor, Bima Arya (Foto: Instagram/@bimaaryasugiarto)

PMJ - Menyusul kembali diterapkannya PSBB total di ibu kota, Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat akan menggelar rapat bersama Kepala Daerah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek), Kamis (10/9/2020). Pertemuan ini untuk menyelaraskan kebijakan bersama.

"Nanti jam 2 (siang) Gubernur Jakarta, Gubernur Jawa Barat akan rapat bersama kepala daerah Bodebek. Kita akan selaraskan langkah kita," ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto kepada wartawan usai mengikuti operasi masker gabungan di Simpang Ciawi, Kota Bogor, Kamis (10/9/2020).

Bima Arya berjanji setelah rapat tersebut, pihaknya akan menyampaikan hasil evaluasinya. "Nanti sore (setelah rapat) kita sampaikan, bagaimana langkah Bodebek terkait kebijakan Jakarta dan juga koordinasi dengan Gubernur Jabar," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat. Rencananya, penerapan PSBB ini akan dimulai 14 September 2020.

“Melihat keadaan darurat ini, tidak ada pilihan lain selain keputusan untuk tarik rem darurat. Artinya kita terpaksa berlakukan PSBB seperti awal pandemi. Inilah rem darurat yang harus kita tarik,” ungkap Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/9/2020) malam.

Anies menjelaskan, keputusan penerapan PSBB di Jakarta ini berdasarkan tiga indikator. Di antaranya tingkat kematian, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU khusus Covid-19, dan tingkat kasus positif di Jakarta.

"Dalam dua pekan, angka kematian meningkat kembali. Secara persentase rendah, tapi secara nominal angkanya meningkat. Kemudian tempat tidur ketersediaannya maksimal dalam sebulan kemungkinan akan penuh jika kita tidak lakukan pembatasan ketat," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT