test

News

Senin, 12 Oktober 2020 20:31 WIB

WHO Minta Pemimpin Dunia Hentikan Lockdown

Editor: Hadi Ismanto

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada seluruh pemimpin dunia untuk menghentikan kebijakan lockdown atau penguncian wilayah karena penyebaran Covid-19. Pasalnya kebijakan ini dinilai justru menghadirkan masalah lain.

Banyak negara di dunia menjalankan kebijakan lockdown dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Lockdown memaksa orang-orang berada di rumah mereka masing-masing, menutup pusat bisnis, serta hiburan yang berpotensi menghadirkan kerumunan orang.

Dr David Nabarro dari WHO menyebut lockdown bukan lagi cara untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona. Menurut dia, lockdown menyebabkan kemiskinan, tanpa mampu menyelamatkan banyak nyawa yang melayang.

"Lockdown hanya memiliki satu konsekuensi yang tidak boleh Anda remehkan, dan itu membuat orang miskin semakin jadi miskin," ujar Dr David seperti dilansir dari laman News Au, Senin (12/10/2020).

"Kami di WHO tidak menganjurkan lockdown sebagai cara utama pengendalian virus ini," sambungnya.

Menurut dia, lockdown memberikan dampak secara global. Ekonomi semakin terpuruk, yang miskin turut terpengaruh secara tidak langsung.

"Lihat apa yang terjadi dengan tingkat kemiskinan. Tampaknya kita mungkin memiliki dua kali lipat kemiskinan di dunia tahun depan. Begitu juga dengan masalah malanutrisi anak," tuturnya.

Pernyataan Dr David berbeda dengan sikap WHO di awal pandemi Covid-19. Organisasi PBB itu mendukung kebijakan negara-negara dunia melakukan lockdown dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.(Hdi)

BERITA TERKAIT