test

Suara Pemilu

Jumat, 4 September 2020 14:30 WIB

Pilkada Serentak, Mendagri: Jadikan Momentum Perkuat Penanganan Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Mendagri Tito Karnavian saat berikan arahan. (Foto : PMJ/IG Kemendagri).

PMJ- Pemilikan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 berlangsung Desember mendatang. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta, pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19 ini, menjadi momentum emas untuk melakukan gerakan bersama melawan wabah tersebut.

"Namun, jika strategi dan setting-nya keliru, akan berpotensi menjadi kluster baru, akibat terjadinya kerumunan massa," ucap Tito Karnavian, di Jakarta, Kamis (4/9/2020).

Mantan Kapolri ini berharap, Pilkada serentak 2020 benar-benar dijadikan momentum memperkuat penanganan Covid-19 di setiap daerah, serta penanganan dampak sosial ekonomi di masyarakat.

Peran aktif dari para pasangan calon untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 pada setiap tahapan pilkada menjadi sangat penting.

"Pilkada sebetulnya bukan bagian yang terpisahkan. Bahkan jangan sampai berpikir bahwa pilkada adalah bagian terpisah dari penanganan pandemi Covid-19," tandas Tito.

"Kalau dari 548 provinsi dan kabupaten/kota, jumlah 270 daerah itu adalah separuhnya. Kalau separuh daerah semua bergerak dalam penanganan pandemi Covid-19, otomatis akan bisa menstimulasi 278 yang tidak melaksanakan pilkada," urai Tito Karnavian.(Gtg-03)

BERITA TERKAIT