test

Suara Pemilu

Jumat, 4 September 2020 19:00 WIB

Empat Elemen Pokok Ini Jadi Kunci Sukses Pilkada Serentak, Apa Saja?

Editor: Ferro Maulana

Ketua Bawaslu Abhan. (Foto: PMJ/ Bawaslu)

PMJ - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menjelaskan ada empat elemen pokok yang menjadi kunci suksesnya Pilkada Serentak 2020.

"Empat elemen ini punya peran besar menyukseskan Pilkada Serentak yang luber, jurdil, dan sehat," ujar Abhan kepada wartawan, dalam video konferensi bersama Kemendagri dan KPU, Jumat (4/9/2020)

Elemen pertama yaitu pemerintah daerah (Pemda). Menurut Abhan, pemda punya kontribusi besar menyukseskan Pilkada. Seperti, Satpol PP berperan dalam melaksanakan dan mengawal regulasi protokol kesehatan.

"Kalau melihat regulasi Peraturan KPU dan UU lain. Ada peran besar dari Satpol PP dan Satlinmas (satuan perlindungan masyarakat, red) dalam menegakkan aturan protokol kesehatan," ujarnya menambahkan.

Kedua yaitu penyelenggara pilkada. Lanjut Abhan, penyelenggara harus dapat memberikan contoh. Penyelenggara harus mampu menjaga integritasnya dalam bertindak adil dan obyektif dalam melaksanakan tahapan Pilkada.

Ketiga yakni peserta pilkada. Abhan pun berharap, peserta maupun partai politik pendukung pasangan calon dan tim kampanye taat dan patuh pada regulasi Pilkada. Di samping itu, mereka juga diminta patuh pada regulasi lain berkenaan tahapan pelaksanaan.

"Kita berharap peserta taat aturan mengenai protokol kesehatan," tambahnya.

Keempat adalah masyarakat. Abhan meminta masyarakat mendukung pelaksanaan pilkada dan mematuhi protokol kesehatan.

Misalnya, mematuhi aturan di PKPU terkait pertemuan terbatas dalam kampanye dibatasi 50 orang. Selebihnya hadir melalui virtual. Selanjutnya, dalam pertemuan umum dibatasi 100 orang.

"Hal ini dibutuhkan komitmen masyarakat agar mematuhi aturan itu. Kemudian tidak melanggar aturan seperti situasi normal berbondong-bondong di area kampanye rapat umum," pungkasnya. (Bawaslu/ Fer).

BERITA TERKAIT