test

News

Jumat, 30 Oktober 2020 10:17 WIB

Hasil Rapid Test Massal di Puncak, Ada 50 Wisatawan Luar Bogor Reaktif Corona

Editor: Ferro Maulana

Pemeriksaan rapid tes. (Foto: Dok Net)

PMJ - Sekitar 50 wisatawan di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dinyatakan reaktif dari hasil tes cepat (rapid test) Covid-19 secara massal yang dilakukan di tiga titik kawasan Puncak yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

"Dari 1.000 rapid tes, ada 50 wisatawan luar Bogor yang dinyatakan reaktif dan 24 orang dari hasil pemeriksaan di Telaga Warna. Kemudian, 13 orang dari hasil pemeriksaan di Gadog dan 13 orang dari Kantor Kecamatan Megamendung," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, kepada wartawan Jumat (30/10/2020).

Mike kembali menuturkan sebanyak 50 wisatawan yang dinyatakan reaktif itu langsung menjalani tes usap (atau swab test), dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan ke Jalur Puncak.

"Nanti untuk hasil swab-nya kami akan kabarkan kemudian hari. Tapi pendataan sudah kita lakukan by name dan by address," ungkap Mike.

Masih dari penuturannya, bahwa dari hasil tes usap para wisatawan yang reaktif itu hasilnya positif Covid-19, maka Dinkes Kabupaten Bogor segera berkoordinasi dengan Dinkes di daerah masing-masing tempat tinggal wisatawan yang berasal dari luar Bogor.

"Kami akan langsung berkoordinasi dengan pemda di mana wisatawan ini tinggal, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah di sana," ujarnya menambahkan.

Tetapi, khusus wisatawan asal Kabupaten Bogor, jika hasilnya positif Covid-19, maka pihaknya segera melakukan penelusuran (atau tracing) terhadap orang-orang kontak erat dengan yang bersangkutan.

Untuk diketahui, Pemkab Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tes cepat Covid-19 atau rapid test kepada 1.000 wisatawan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor.

Pelaksanaan rapid test massal dibagi menjadi tiga lokasi antara lain Simpang Gadog Ciawi, Megamendung, dan Telaga Warna Cisarua, dengan mengerahkan 40 petugas kesehatan.(Fer)

BERITA TERKAIT